Resep Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras. Manis Gurih Legitssss ...!!

Siapa yang tak kenal dengan kue lapis tepung beras? Kue yang masuk ke dalam kategori kue basah ini bisa dengan mudah kita jumpai dalam jajanan pasar sebab kue lapis beras merupakan makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Umumnya kue lapis beras kukus enak seringkali dijadikan camilan suguhan dalam beberapa acara tertentu seperti hajatan, pengajian dan arisan.

Rasa manis dan kelezatan yang begitu khas dari kue lapis tepung beras memang selalu menggoda, apalagi perpaduan warna-warni yang begitu cantik membuat hidangan kue ini terlihat cantik dipandang mata sehingga cocok sekali disajikan untuk menjamu tamu atau dihidangkan pada beberapa acara tertentu.

Untuk membuat kue lapis tepung beras, biasanya membutuhkan kesabaran yang ekstra sebab proses melapis yang cukup lama. Pengolahan pada adonan dibuat dengan menuangkan satu adonan dengan satu warna dan menunggu hingga adonan tersebut matang, kemudian barulah kita bisa menuangkan adonan dengan warna lainnya, terus-merus seperti demikian hingga adonan habis atau hingga anda mendpatkan ukuran ketinggian yang dinginkan.

Namun jika kita telaten dan bersabar membuatnya kegiatan membuat kue ini akan jadi menyenangkan. Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar ingin membuatnya, kita simak terlebih dahulu bahan apa saja yang harus dipersiapkan.

Bahan-bahan

  • 1 Gelas Belimbing Tepung Beras (Lebih sekitar 4 Sdm)
  • 1/2 Gelas Belimbing Tepung Tapioka
  • 10 Sdm Gula Pasir
  • 2 Bungkus Santan Kara 65Ml
  • 2 Sachet SKM (Putih + Coklat)
  • 1 Sachet Vanilli
  • Sedikit Garam
  • 400 Ml Air

Langkah

  1. Campurkan tepung beras,tepung tapioka dan vanilli.. Sisihkan..
  2. Rebus santan,gula dan air.. Aduk terus agar santan tidak pecah.. Bila gula dh larut + Mendidih, angkat.. Tunggu sampai dingin..
  3. Campurkan tepung dan adonan santan aduk sampai g ada yg bergrindil.. Lalu bagi menjadi 2 bagian.. g sempet foto bagian ini..
  4. Yang satu beri susu coklat,satu lg susu putih.. Tuang warna coklat terlebih dahulu sebanyak 3 centong sayur, kukus selama kurleb 5-10 menit.. Diliat aja dh mateng belumnya..
  5. Kalo sudah matang baru tuang adonan putih 3 centong sayur.. Kukus kembali.. Lakukan hal yg sama sampai adonan habis..
  6. Mengukus bagian terakhir selama 30 menit.. Angkat dan sajikan..
  7. Karen saya pakai loyang agar-agar yangg kecil jadi adonan nyisa..
Selamat mencoba ya bunda dan buntik yang makin cantik hehehe ...

Resep Oleh : 

Resep Rahasia

Resep Masakan Update Terus