Cara Praktis Membuat Es Dawet Ayu Khas Jepara Segarnya Menggelegar...!!

Minuman Es dawet sangat cocok untuk penghilang haus dan pas disaat cuaca terik seperti ini apalagi diminum setelah aktivitas, seperti olahraga atau bekerja, es dawet yang berbahan dasar tepung beras sangat mengenyangkan jadi setelah minum es ini kita terasa minum sambil makan, dan karna itu es dawet merupakan salah satu minuman yang sangat di gemari oleh banyak orang, untuk itu saya akan berbagi cara mudah membuat es dawet,mangkanya jangan ragu-ragu unuk membuatnya di rumah.

Es dawet, mungkin merupakan minuman yang cukup asing untuk beberapa orang termasuk saya, walau pun minuman ini tak setenar cendol kecuali di daerah asalnya jepara, tapi setelah saya mencoba resep membuat es dawet dari teman saya, ternyata saya baru mengetahui bahwa es dawet adalah minuman yang cukup menyegarkan dan enak, dan saya sering membuatnya di rumah untuk sekedar minuman sendiri atau untuk menjamu teman-teman yang berkunjung kerumah.

Bahan-bahan:

  • Bahan dawet:
  • 100 gr tepung hunkwe
  • 50 gr tepung beras
  • 100 ml air daun pandan+suji (dari 3 daun pandan, 15 daun suji, blender dgn air, saring dan total berat bersih 100ml)
  • 600 ml air matang
  • 1 sdt garam halus
  • Saus santan:
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam halus
  • Saus gula merah:
  • 500 gr gula merah
  • 100 gr gula pasir
  • 500 ml air matang
  • 2 lembar daun pandan

Langkah:

Untuk membuat dawet, campur semua bahan di dalam panci, aduk rata lalu hidupkan api kompor sedang, masak sambil terus di aduk hingga meletup-letup dan kental, sisihkan hingga uap panasnya hilang Lalu cetak dgn cetakan dawet di atas wadah berisi batu es utk hasil dawetnya atau pakai piping bag jg bs

Kira-kira begini yaa klo pake piping bag hehe Aku kmrn pake air dingin grgr batu es nya abis, tp klo bs pake batu es ajaa yaa, takut hancur lg dawet ny :)

Untuk membuat saus santan, masak semua bahan dgn api sedang hingga mendidih, sering-sering diaduj agar santan tdk pecah Aku pake panci agak kecil jd daun pandan ny aku ptong" kecil, bukan sebanyak itu yaa daun pandan ny hehe

Untuk membuat saus gula merahnya, masak semua bahan hingga mendidih, saring dan sisihkan Sajikan dawet bersama saus santan, saus gula merah dan batu es, siap di sajikan

Resep Rahasia

Resep Masakan Update Terus