Resep Cara Membuat Kue Biji Ketapang Super Simple Empuk dan Renyah!!

Resep biji ketapang mulai banyak di cari saat beberapa hari menjelang lebaran. Kue biji ketapang ini identik dengan kue kering lebaran. Resep kue biji ketapang menggunakan bahan bahan sederhana seperti tepung terigu, tepung tapioka, telur ayam, dan bahan bahan lainnya. yuk bunda belajar membuat kue biji ketapang yang empuk dan renyah.

Resep kue biji ketapang sendiri merupakan hasil kreasi dari  Kue biji ketapang ini sangat pas di sajikan saat lebaran tiba dan pada kenyataannya sebagian besar rumah rumah dihiasi dengan kue biji ketapang dan beberapa jenis kue yang lain. Resep kue biji ketapang cukup simple dan mudah membuatnya.

Berbagai macam kue kue kering memang sangat pas untuk dijadikan sebagai cemilan saat saat tertentu, seperti saat ada tamu, nonton acara kesayangan, dan lainnya. Salah satu kelebihan kue kue kering khususnya kue biji ketapang ini adalah bisa bertahan dalam waktu ayng cukup lama.

Cara membuat biji ketapang gampang dan tidak memerlukan keahlian khusus. Hari ini saya akan berbagi petunjuk membuat biji ketapang renyah dan empuk serta manis. Tampilan biji ketapang yang bagus adalah kuning sedikit kecoklatan dan saat digigit cukup renyah dan enak. Mari bunda belajar membuat biji ketapang enak dan renyah. Ayo bunda mulai melakukan persiapan bahan bahannya.

Bahan bahan:

  • Tepung terigu : ± 500 gram ( ½ kg ).
  • Tepung tapioka : ± 100 gram.
  • Gula pasir : ± 200 gram ( 2 ons ).
  • Mentega : ± 100 gram.
  • Telur ayam : 2 butir.
  • Santan kental : 1½ gelas dari separoh butir kelapa tua.
  • Kelapa parut : ± 100 gram dari kelapa muda.
  • Vanili : ± ½ sendok teh.
  • Daun pandan : 2 lembar.
  • Garam : ± 1 sendok teh.


Cara membuat biji ketapang

  1. Buat santan sekitar 1½ gelas dari separoh kelapa tua. Dengan menggunakan kelapa tua maka santan yang dihasilkan berkualitas baik. Kemudian rebus dengan daun pandan dan sambil aduk aduk supaya permukaan santan tidak pecah, lalu dinginkan.
  2. Sangrai ( goreng tanpa minyak ) 100 gram kelapa muda parut hingga warnanya berubah sedikit kecoklatan.
  3. Kemudian ambil wadah dan campurkan ( gula pasir + mentega + telur ayam + vanili + garam ), supaya lebih cepat maka bunda dapat menggunakan mixer.
  4. Kemudian masukkan santan kental dan kelapa parut sangrai. tetap aduk aduk bunda. Kemudian matikan mixer.
  5. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Kemudian masukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit dan uleni hingga terbentuk adonan kalis dan tidak lengket.
  6. Adonan biji ketapang telah jadi bunda dan siap dibentuk.
  7. Sementara siapkan 2 penggorengan dengan minyak goreng secukupnya.
  8. Ambil sebagian adonan dan bentuk bulat pipih panjang sebesar jari kelingking kemudian potong potong dengan gunting di atas penggorengan yang telah di beri minyak goreng. Setelah cukup mulailah menggoreng. Sekali kali aduk aduk supaya matangnya rata.
  9. Sementara menunggu biji ketapang matang, bunda dapat membuat adonan lagi dan potong potong di atas penggorengan ke dua.
  10. Begitu seterusnya hingga semua adonan biji ketang habis digoreng semua.
  11. Kue biji ketapang siap dihidangkan.


Demikian bunda resep biji ketapang dan petunjuk cara membuat kue biji ketapang yang renyah dan empuk. Kue biji ketapang ini biasanya disajikan saat lebaran bersama kue kue lainya seperti kue nastar keju yang enak. Kadang juga ada kue telur gabus yang enak.

Resep Rahasia

Resep Masakan Update Terus